SAFITRI, INDAH (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
REPO.PDF Download (4MB) |
Abstract
Indah, 2023. ”Pengaruh Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMA Negeri 1 Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K. dan Nur Fakhrunnisaa.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran RBL
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 1
Luwu Utara. Jenis penelitian quasi eksperiment menggunakan desain
nonequivalent control group yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII
SMA Negeri 1 Luwu Utara yang terdiri atas 10 (sepuluh) kelas dengan jumlah 320
(tiga ratus dua puluh) siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 65 (enam puluh lima) siswa.
Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya, data
penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara
pembelajaran RBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP,
hal tersebut dibuktikan oleh nilai rata-rata kelas ekspeimen yang diperoleh sebesar
85.62 dan kelas kontrol sebsebesar 71.87. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t
menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas yang menggunakan
pembelajaran RBL dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional
dengan perolehan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan
bahwa hipotesis H1 diterima berdasarkan asumsi hipotesis.
Kata Kunci : Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Resource Based Learnig
xxiv
ABSTRACT
Indah, 2023. "Influence of Resource-Based Learning on Student Learning
Outcomes in Islamic Religious Education and Moral Character at 1st Luwu
North State High School". Thesis, Islamic Education Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Institute of Palopo.
Guided by Nurdin K. and Nur Fakhrunnisaa.
This study aims to find out what the impact of RBL learning on student
learning outcomes on PAI and BP subjects at 1 Luwu North State High School.
Quasi-experimental research uses the design of nonequivalent control groups that
involve two groups namely the experimental group and the control group. The
population is the entire 12th grade students of State High School 1 North Luwu
consisting of 10 (ten) classes with a total of 320 (three hundred twenty) students.
Sampling is done by purposive sampling. The sample used was 65 (sixty-five)
students. Data is obtained through observations, tests, and documentation. Further,
the research data is analyzed using descriptive analysis and inferential analysis.
The results of the study showed that there was a positive and significant
influence between RBL learning on student learning outcomes in PAI and BP
subjects, as evidenced by the average score of the experimental class obtained at
85.62 and the control class at 71.87. The results of the hypothesis test using the t
test showed that there was a significant difference between class using RBL
learning and class using conventional learning with a sig (2-tailed) value of 0,000
< 0,05, so it can be concluded that the H1 hypotheses are accepted based on the
hypotype assumptions.
Keywords : Learning Results, Islamic Education, Resource Based Learnig
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:39 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9570 |
Actions (login required)
View Item |