ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo)

Salluk, Ovhan (2024) ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Ovhan Salluk, 2024, “Analisis Pengaruh Pemahaman, Kemudahan, dan
Kepercayaan Terhadap Penggunaan E-Money Dalam Perspektif
Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam IAIN Palopo)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Andi Nurrahma Gaffar.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Pengaruh Pemahaman, Kemudahan, dan
Kepercayaan Terhadap Penggunaan E-Money Dalam Perspektif Ekonomi Islam
(Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo).
Penelitian ini bertujuan: Untuk Mengetahui apakah pemahaman, kemudahan serta
kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan e-money mahasiswa FEBI IAIN
Palopo dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam IAIN Palopo yang berjumlah sekitar 2980 mahasiswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan teknik simple
random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 97 mahasiswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara penyebaran angket/kuesioner. Selanjutnya data
dianalisis dengan bantuan SPSS 25 menggunakan uji asumsi klasik, analisis
regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa: Pemahaman (X1) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan E-Money
(Y) dengan nilai Thitung 2,116 > Ttabel 1,985 dan tingkat signifikan sebesar 0,037
< 0.05. Kemudahan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan E-Money
(Y) dengan nilai Thitung 4,471 > Ttabel 1,985 dan tingkat signifikan sebesar 0,000
< 0.05. serta Kepercayaan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan E�Money (Y) dengan nilai Thitung 4,774 > Ttabel 1,985 dan tingkat signifikan sebesar
0,000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-money pada mahasiswa
FEBI IAIN Palopo. Sedangkan berdasarkan uji f yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa Pemahaman (X1), Kemudahan (X2), dan Kepercayaan (X3)
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan E-Money (Y)
dimana nilai Fhitung 50,420 > Ftabel 2,70 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 <
0,05. Sehingga besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi
sebesar 60,7% dan sisanya 39,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kemudahan, Kepercayaan, Mahasiswa, Pemahaman, Penggunaan
E-Money.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:05
Last Modified: 19 Nov 2024 01:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9578

Actions (login required)

View Item View Item