ANALIS IS PEMAHAMAN KONSEP MATEMAT IKA P E S E R T A D I D I K P A D A M A T E R I B I L A N G A N BERPANGKAT DITINJAU DARI SEGI GENDER KELAS VI II MTs NEG ERI PALOPO

AUNILLAH, ASKY (2024) ANALIS IS PEMAHAMAN KONSEP MATEMAT IKA P E S E R T A D I D I K P A D A M A T E R I B I L A N G A N BERPANGKAT DITINJAU DARI SEGI GENDER KELAS VI II MTs NEG ERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Asky Aunillah, 2024. “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik
pada Materi Bilangan Berpangkat ditinjau dari Segi Gender Kelas VIII
MTs Negeri Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Rosdiana dan Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Pemahaman Konsep Matematika
Peserta Didik pada Materi Bilangan Berpangkat ditinjau dari Segi Gender Kelas
VIII MTs Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pemahaman konsep matematika peserta didik gender Perempuan dan gender laki-
laki, dan mendeskripsikan perbandingan pemahaman konsep matematika peserta
didik gender perempuan dan gender laki-laki pada materi bilangan berpangkat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Data
dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII A MTs Negeri Palopo dengan jumlah 38 orang. Sampel
yang digunakan sebanyak 20 orang yaitu, 10 peserta didik gender perempuan dan
10 peserta didik gender laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
tes. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 3 butir soal uraian
berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika
peserta didik gender perempuan memperoleh nilai rata- rata yaitu 2,18.
Pemahaman konsep matematika peserta didik gender laki-laki memperoleh nilai
rata- rata yaitu 1,8. Maka perbandingan pemahaman konsep matematika gender
perempuan lebih baik daripada pemahaman konsep matematika gender laki-laki.
Peserta didik gender perempuan lebih baik pada indikator 2 menggunakan dan
memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dan indikator 3
mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah pada materi bilangan
berpangkat kelas VIII A MTs Negeri Palopo.
Kata Kunci: Gender, Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan Berpangkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 20 Nov 2024 00:35
Last Modified: 20 Nov 2024 00:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9598

Actions (login required)

View Item View Item