PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED SEBAGAI UPAYAMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 PALOPO

Amanda, Amanda (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED SEBAGAI UPAYAMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Amanda, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended sebagai Upaya
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII A SMP
Negeri 5 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Alia Lestari dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Open-Ended
sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model
pembelajaran Open-Ended.
Skripsi ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis
dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 kali
pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan menggunakan tes kemampuan berpikir
kritis, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Data
yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas positif
siswa pada siklus I sebesar 67,47% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
85,10% yang menunjukkan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar
70%. Pengamatan aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus
II dengan perolehan rata-rata penilaian sebesar 3,60 menjadi 3,93 dengan kategori
“baik” yang juga telah mencapai indikator keberhasilan yaitu mencapai kategori
“cukup”. Adapun tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh rata�rata nilai siswa sebesar 28,80 mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata�rata nilai siswa sebesar 79,92 yang telah mencapai indikator keberhasilan yang
diinginkan yaitu rata-rata nilai siswa sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Open-Ended
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMPN 5 Palopo.
Kata kunci: Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.72 Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:14
Last Modified: 25 Nov 2024 06:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9640

Actions (login required)

View Item View Item