ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAZADA 6.6 IVAN GUNAWAN

SULFIAH, SULFIAH (2024) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAZADA 6.6 IVAN GUNAWAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulfiah, 2024. “Analisis Semiotika Iklan Lazada 6.6 Ivan Gunawan” Skripsi
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas
Ushuluddin Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Di bimbing oleh Wahyuni Husain dan Saifur Rahman.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Semiotika Iklan Lazada 6.6 Ivan Gunawan
Versi Bajak Laut di You Tube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna
denotasi, konotasi, dan mitos pada iklan Lazada 6.6 Ivan Gunawan versi bajak
laut di You Tube. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes dengan sumber data
yakni data primer dari video iklan Lazada 6.6 dan data sekunder, kemudian data
yang dihimpun dari sumber lain seperti artikel dan internet. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa, makna deotasi yaitu Ivan Gunawan yang sedang
mempromosikan iklan Lazada dalam menyambut pesta gajian yang mengunakan
kostum bajak laut, menggunakan aksesoris, dan riasan wajah. makna konotasi
Ivan Gunawan dalam iklan ini menampilkan maskulinitas baru atau disebut
metroseksual, dimana laki-laki metroseksual merupakan laki-laki yang
mempedulikan penampilan fisiknya dengan melakukan perawatan diri,
menggunakan kosmetik, berbelanja, dan mencari kesenangan diri. makna mitos
yaitu membentuk sebuah ideologi bias gender yang membangun perspektif bahwa
laki-laki yang menjaga penampilannya dengan menggunakan riasan wajah atau
aksesoris bisa lebih menarik perhatian banyak orang.
Kata Kunci: Semiotika Roland Barthes, iklan Lazada 6.6, Ivan Gunawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:53
Last Modified: 02 Dec 2024 05:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9707

Actions (login required)

View Item View Item