STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PERUSAHAAN UMUM BULOG KANTOR CABANG PALOPO

ARAFAH, M ZULHAJI NUR (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PERUSAHAAN UMUM BULOG KANTOR CABANG PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Zulhaji Nur Arafah 2024 . “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Penjualan Produk Perusahaan Umum Bulog
Kantor Cabang Palopo”. Skripsi Program
Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Institute Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Hendra
Safri.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Perusahaan Umum
Bulog Kantor Cabang Palopo.
Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif, dimana focus pada penelitian
lapangan (field research), dengan metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini membahas mengenai evaluasi strategi pemasaran
Perusahaan Umum BULOG. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seperti apa
kondisi persaingan dalam industri perberasan, dan faktor yang menjadi kekuatan,
kelemahan, ancaman dan tantangan Perusahaan Umum BULOG dalam mencapai
target dan rencana revitalisasi perusahaan, dan mengevaluasi penerapan strategi
yang telah dijalankan oleh Perusahaan Umum BULOG, serta apa pilihan strategi
terbaik yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja Perusahaan Umum BULOG.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis lingkungan
eksternal , analisis lingkungan internal (analisis fungsional, analisis kekuatan dan
kelemahan), analisis SWOT dan pilihan strategi terbaik bagi Perusahaan Umum
BULOG. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi
kekuatan bagi Perusahaan Umum BULOG adalah dari segi keuangan yaitu
kemudahan perolehan dana karena Perusahaan Umum BULOG memiliki akses
perbankan yang baik melalui jaminan pemerintah dan kualitas produk yang
ditawarkan di atas kualitas produk pesaing dengan harga yang lebih rendah.
Faktor yang menjadi kelemahan bagi Perusahaan Umum BULOG adalah Human
Capital dengan adanya ketidaksiapan Sumber Daya Manusia yang disebabkan
adanya celah antara pegawai dan mindset Sumber Daya Manusia yang dimiliki.
Faktor yang menjadi peluang bagi Perum BULOG adalah kepercayaan
pemerintah yang masih menjadikan Perusahaan Umum BULOG sebagai
lembaga pemerintah yang mengurusi masalah pangan pokok utamanya beras
dengan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah. Faktor yang
menjadi ancaman bagi Perusahaan Umum BULOG adalah perubahan peraturan
pemerintah dan perdagangan bebas, impor beras yang menekan harga beras
petani, dan persaingan pasar atau perusahaan semakin kompetitif.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Penjualan, Produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 18 Dec 2024 02:48
Last Modified: 18 Dec 2024 02:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9736

Actions (login required)

View Item View Item