PENGARUH LABELISASI HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT MUSLIM PADA PRODUK BAKSO DI MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA

SABIR, NURUL IHMAR (2024) PENGARUH LABELISASI HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT MUSLIM PADA PRODUK BAKSO DI MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Ihmar Sabir, 2024. Pengaruh Labelisasi Halal dan Religiusitas terhadap
Minat Beli Masyarakat Muslim pada Produk Bakso di
Makale Kabupaten Tana Toraja. Skripsi Program
Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Arzal Syah.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh labelisasi halal dan religiusitas
terhadap minat beli produk bakso. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui
bagaimana pengaruh labelisasi halal terhadap minat beli masyarakat muslim pada
produk bakso di Makale kab Tana toraja, (2) Mengetahui bagaimana pengaruh
religiusitas terhadap minat beli masyarakat muslim pada produk bakso di Makale
kab Tana Toraja, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh labelisasi halal dan
religiusitas terhadap minat beli pada produk bakso di Makale, kab Tana Toraja.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian
ini adalah masyarakat muslim di Makale Tana Toraja yang terdiri dari 99
responden yang di identifikasi menggunakan teknik purposive sampling. Alat
penelitian penelitian ini menggunakan teknologi survei kuesioner dan analisis
data, menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan metode
analisis linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Labelisasi halal memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli masyarakat muslim pada
produk bakso di Makale Kabupaten Tana Toraja, dengan nilai sebesar 4,142 lebih
besar dari ttabel 1,985, dan mempunyai nilai sgnifikan 0,000 < 0,05. (2)
Religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
masyarakat muslim pada produk bakso di Makale Kabupaten Tana Toraja, dengan
nilai sebesar 2,481 lebih besar dari 1,985 dan mempunyai nilai signifikan 0,015 <
0,05. (3) Labelisasi halal dan religiusitas secara simultan memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli masyarakat muslim pada produk bakso
di Makale Kabupaten Tana Toraja, dengan nilai fhitung sebesar 42,104 lebih besar
dari ftabel 3,09 dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Labelisasi halal, Religiusitas, Minat Beli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650.021 Statistik Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:42
Last Modified: 18 Dec 2024 03:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item