NURDIAH, NURDIAH (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS INSTAGRAM STORY (IGS) KELAX IX SMPN SATAP SALU SIMBUANG KECAMATAN WALENRANG BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (560kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (681kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurdiah, 2023."Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Instagram
Story (IGS) Kelax IX SMPN Satap Salu Simbuang Kecamatan
Walenrang Barat".Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing olehLisa Aditya
Dwiwansyah Musa dan Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas media pembelajaran matematika
berbasis Instagram Story (IGS) kelas IX SMPN Satap Salu Simbuang Kecamatan
Walenrang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
penggunaan Instagram Story pembelajaran matematika terhadap siswa kelas IX
SMPN Satap Salu Simbuang Kecamatan Walenrang Barat dan untuk mengetahui
apakah Instagram Story pembelajaran matematika dapat meningkatan hasil belajar
siswa kelas IX SMPN Satap Salu Simbuang Kecamatan Walenrang Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan
media pembelajaran matematika berbasis Instagram Story (IGS). Lokasi
penelitian ini dilaksanakan di SMPN Satap Salu Simbuang Kecamatan Walenrang
Barat.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.ASMPN Satap Salu
Simbuang Kecamatan Walenrang Barat pada tahun ajaran 2021/2022 semester
genap yang terdiri dari 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik
cluster random sampling, sampel yang ditetapkan pada penelitian ini yaitu satu
kelas. Instrument penelitian yang digunakan yaitu instrument tes berupa pretest
dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi
dan tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran
berbasis Instagram Story (IGS) dalam pembelajaran matematika pada materi pola
bilangan terbukti lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata rata pretest sebesar
72,50 dan untuk perhitungan rata rata posttest sebesar 82,50 yang termasuk dalam
katagori efektif. Terdapat perbedaan hasil belajar lihat dari hasil perhitungan
bahwa probability value lebih rendah dari alpha (α) (16,073<3,926) yang berarti
ada perbedaan hasil belajar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Instagram Story (IGS)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:16 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9869 |
Actions (login required)
View Item |