RISMA, RISMA (2024) PENGARUH FAKTOR KEBUTUHAN, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN SULI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text
REPO.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Risma, 2023: Pengruh Faktor Kebutuhan, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis
Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Produk Gadai Emas
Di Pegadaian Suli, Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Hamida, S.E.Sy., M.E.Sy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang
memengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih produk gadai emas di
Pegadaian Suli. Dalam konteks bisnis gadai emas, memahami faktor-faktor apa
yang mendorong atau menghambat preferensi konsumen memiliki nilai strategis
yang tinggi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah
faktor-faktor sosial, psikologis, kebutuhan, dan pribadi memiliki dampak
signifikan pada pemilihan produk gadai emas, dan bagaimana faktor-faktor ini
saling berinteraksi dalam membentuk preferensi konsumen.
Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi
kepada sampel masyarakat yang menjadi pengguna layanan gadai emas di
pegadaian Suli. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode
regresi untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor-faktor independen(sosial,
psikologis, kebutuhan, dan pribadi) dengan preferensi konsumen. Hasil analisis ini
digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana faktor-faktor tersebut memengaruhi
preferensi masyarakat terhadap produk gadai emas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan
simultan 1) Berdasarkan hasil uji t simpulkan bahwa variabel faktor kebutuhan
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap preferensi masyarakat.
2) Berdasarkan hasil uji t simpulkan bahwa variabel faktor sosial berpengaruh
secara parsial terhadap preferensi masyarakat. 3) Berdasarkan hasil uji t
simpulkan bahwa variabel faktor pribadi berpengaruh secara parsial terhadap
preferensi masyarakat. 4) Berdasarkan hasil uji t di simpulkan bahwa variabel
faktor psikologis berpengaruh secara parsial terhadap preferensi masyarakat. 5)
Berdasarkan hasil uji f di simpulkan bahwa variabel faktor kebutuhan, faktor
sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap preferensi masyarakat.
Kata Kunci: Pegadaian, Preferensi, Produk Gadai Emas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.56 Manajemen Analisa Produk |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:28 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8838 |
Actions (login required)
View Item |